INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
Data Makro | 2023 | 2024 | 2025 | 2026 | 2027 |
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT |
|||||
Data Penunjang | 2023 | 2024 | 2025 | 2026 | 2027 |
9 (Sembilan) Unsur pertanyaan kepuasan masyarakat : |
|||||
1. Persyaratan (U1) |
|||||
2. Prosedur (U2) |
|||||
3. Jangka Waktu (U3) |
|||||
4. Tarif (U4) |
|||||
5. Produk (U5) |
|||||
6. Kompetensi (U6) |
|||||
7. Perilaku (U7) |
|||||
8. Pengaduan (U8) |
|||||
9. Sarana & Prasarana (U9) |
Penjelasan :
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survey IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan.